DAN SALING TOLONG MENOLONGLAH DALAM KEBAIKAN

Wednesday, August 5, 2015

Cara Mudah Memblokir Situs Web di Komputer Pribadi

Memblokir situs sepertinya perlu di Indonesia, utamanya di situs-situs yang terlarang, seperti penjualan narkoba, pornografi ataupun yang lainnya. Selain diblokir oleh ISP tersendiri seharusnya kita harus mandiri dan memblokir situs itu dikomputer kita sendiri agar tidak bisa dibuka di komputer itu.


Cara Mudah Memblokir Situs Web di Komputer Pribadi

Terutama pada tahun 2015 ini sudah banyak web-web yang mengganti domainnya, sehingga bisa dibuka kembali. Tentunya jika dibuka oleh anak kecil pastinya akan merusak generasi selanjutnya. Cara ini saya harapkan juga diterapkan di warnet-warnet untuk memblokir situs terlarang tersebut. Ada banyak software/program yang berfungsi untuk memblokir situs-situs tersebut. Kita tentunya bisa menggunakan software-software tersebut, namun ada cara yang lebih mudah dan tanpa memerlukan software, yaitu dengan menggunakan file hosts yang tersedia di Windows.

File ini berfungsi untuk mengalihkan dns web-web tertentu jika sudah dituliskan di dalamnya. File ini tentunya bisa berfungsi untuk pemblokir situs-situs terlarang tersebut. Hanya dengan berbekal notepad kita bisa memblokir situs-situs terlarang tersebut di komputer kita sendiri.

Berikut ini adalah cara untuk memblokir situs web di komputer pribadi.

1. Pertama anda harus membuka file hosts di C:\Windows\System32\drivers\etc lalu cari file yang bernama "Hosts", klik kanan Open with > Notepad.
Cara Mudah Memblokir Situs Web di Komputer Pribadi

2. Saat dibuka dengan notepad, akan nampak petunjuk penggunaan file hosts tersebut. Kemudian untuk memblokir situs yang ingin anda blokir tinggal ketikkan Ip local host yaitu 127.0.0.1 disampingnya ketikkan situs yang ingin di blokir, contohnya seperti gambar di bawah ini.
Cara Mudah Memblokir Situs Web di Komputer Pribadi

3. Lalu simpan file hosts tersebut. Coba di lakukan di browser dengan membuka situs yang sudah dituliskan di file host tadi. Jika sudah berhasil maka situs tersebut tidak bisa dibuka seperti gambar di bawah ini.
Cara Mudah Memblokir Situs Web di Komputer Pribadi

Tambahan:
Jika web tersebut masih bisa diakses, anda harus membuka cmd lalu ketikkan ipconfig /flushdns lalu tekan enter. Setelah itu kosongkan cache di browser dan restart komputer anda.

Untuk mengembalikannya tinggal menghapus web yang sudah dituliskan di file hosts yang tadi. Sekian yang bisa saya tuliskan, semoga bermanfaat bagi anda. Bagi yang mengalami masalah atau ingin bertanya bisa dituliskan di kotak komentar di bawah post ini. Terimakasih.
 

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger