DAN SALING TOLONG MENOLONGLAH DALAM KEBAIKAN

Saturday, February 4, 2012

Update CMS Lokomedia 1.5.5

 Baru-baru ini Lukmanul Hakim mengupdate CMS Lokomedia terlebih dahulu, sebelumnya versi 1.5 menjadi 1.5.5, kok langsung 1.5.5, bukannya 1.5.1 dulu? Itu suka-sukanya yang ngupdate aja :), karena sudah lama tidak di update, jadi langsung loncat jauh aja ke 1.5.5.

Oke to the point aja, ada beberapa update penting pada versi 1.5.5 ini, diantaranya:

  • Penutupan celah security di file aksi_sekilasinfo.php yang terdapat di folder adminweb/modul/mod_sekilasinfo/, dimana tidak adanya session yang menghalangi akses halaman tersebut, jadi siapa saja bisa mengakses halaman tersebut. Solusinya, cek session di server, lihat pada baris 3 s/d 8 {Thanks to Eidelweiss}.
  • Kemudian celah berikutnya (masih di file aksi_sekilasinfo.php) adalah tidak adanya pengecekan mime dari file sebenarnya, sehingga dengan sedikit exploitasi kita mengupload file apa saja hanya dengan memanipulasi mime dari file sebenarnya. Solusinya, cek mime dari file yang di upload, lihat pada baris 36 s/d 50 {Thanks to Eidelweiss}.
  • Paging halaman komentar pada detail berita yang tidak berjalan dengan semestinya, perbaikan ada pada file .htaccess, ada dua baris yang diubah, yaitu:
    RewriteRule ^berita-(.*)-(.*)\.html$ media.php?module=detailberita&id=$1 [L]
    RewriteRule ^halkomentar-(.*)-([0-9]+)\.html$ media.php?module=detailberita&id=$1&halkomentar=$2 [L] {Thanks to Husada}
    Tampilannya bisa dilihat pada link berikut:
    http://cms.bukulokomedia.com/berita-99-editor-textarea-ala-ms-word.html
  • Menampilkan beberapa berita langsung didalam kategori masing-masing menggunakan teknik looping didalam looping (while didalam while). Untuk bagian kiri, bisa dilihat pada file kiri.php yang terdapat di folder lokomedia/templates/eljquery2, lihat pada baris 69 s/d 107. Sedangkan bagian kanan, lihat pada baris 137 s/d 175 {Thanks to Poeji}.
    Tampilannya bisa dilihat pada gambar berikut:
 
Update/perbaikan bug lainnya, bisa dibaca pada file Baca Saya CMS.txt.

Demonya bisa dinikmati di:
http://cms.bukulokomedia.com
Dan link downloadnya ada di:
http://bukulokomedia.com/lokomedia-1.5.5.rar

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger